Selamat datang di blog yang sangat sederhana ini. Semoga anda mendapatkan banyak manfaat. Terima Kasih.

Friday, June 20, 2014

Superuser Android

Superuser adalah istilah yang digunakan untuk memberikan kewenangan agar user biasa dapat bertingkah seperti super user (sudo --> super user do) sehingga user biasa pun dapat leluasa "menguasai sistem". Jadi buat apa ada Super User jika setiap user dengan mudah menguasai sistem? Bukankah ini berlawanan dengan masalah keamanan? Sebagai contoh: seorang user biasa dapat menjadi SU maka ia dapat mengubah sendiri konfigurasi sistem sesuai keinginan user tersebut.


Superuser pada android menyerupai pada linux, dimana anda akan mendapatkan akses superuser untuk "menguasai sistem". Namun secara awam pada android, superuser dikenal dalam bentuk aplikasi, walaupun berbentuk aplikasi, sebenarnya superuser sendiri lebih bertitik berat pada akses user biasa untuk dapat "menguasai sistem" bukan nama aplikasi tersebut.

Aplikasi superuser adalah aplikasi yang mengelola apakah aplikasi pada perangkat yang telah anda root memiliki akses ke sistem sebagai superuser. Aplikasi yang diberikan su memiliki izin tertinggi untuk dapat memodifikasi hampir semua bagian dari sistem. Aplikasi ini pada awalnya ditulis oleh zinx, dan developer chainsDD mengambilnya dan membuatnya lebih bisa digunakan. Aplikasi ini terdiri dari dua bagian, Superuser.apk dan binary su.
Superuser.apk berjalan sebagai aplikasi lainnya dan memberikan Anda, pengguna, tempat untuk melihat apa aplikasi yang telah diizinkan atau ditolak, serta melihat log apa aplikasi telah menggunakan su saat.
Binary su adalah apa aplikasi lain, jika mereka membutuhkan hak superuser. Biner memeriksa database yang dikelola oleh Superuser.apk untuk menentukan apakah anda telah memberikan hak untuk meminta aplikasi, dan jika tidak memberitahu Superuser.apk untuk menampilkan prompt meminta izin kepada anda.
Aplikasi superuser biasa muncul pra-instal pada setiap ROM yang telah root. Bahkan, tanpa itu, anda tidak memiliki perangkat root sama sekali. Sebaiknya anda tidak menghapus itu, superuser berada pada partisi sistem dengan aplikasi lain yang datang pra-instal pada perangkat Anda. Hal ini dapat diperbarui  jika pengembang ROM tertentu telah menggunakan versi yang sesuai.

No comments:

Post a Comment